Bisa Menular Lewat Hubungan Seks, Kenali Lebih Dekat HPV

Advertisement

Bisa Menular Lewat Hubungan Seks, Kenali Lebih Dekat HPV

Admin
Senin, 20 Mei 2019


HPV atau human papillomavirus adalah virus yang menyebar lewat aktivitas seksual. HPV ini mampu menyebabkan kutil kelamin dan kanker. Kebanyakan orang tak sadar bahwa ia menderita HPV karena tidak adanya gejala yang jelas sampai ia benar-benar menyebar di tubuh. Yuk, kenali lebih dekat penyakit ini agar bisa mencegahnya!

Seperti Apa Kutil Kelamin Ini?
Kutil ini pada awalnya terjadi hanya dengan bentuk luka kecil saja. Lama-kelamaan, luka tersebut membesar hingga membentuk benjolan kecil di kulit. Pada wanita, biasanya kutil ini ada di vulva, miss V, area kulit di sekitar anus hingga leher rahim. Sedangkan untuk laki-laki, ada di kulit Mr. P, testis, dan sekitaran anus.

Lama waktu munculnay HPV ini sejak pertama kali terinfeksi tidak sama pada setiap orang. Kebanyakan orang baru mengetahui bahwa ia menderita kutil kelamin ini setelah tiga bulan sejak infeksi. Bila dibiarkan HPV ini bisa menyebabkan kanker yakni kanker serviks. 

Kenali Lebih Dekat HPV
Apa Penyebabnya?
Tentu saja ada penyebab kenapa Anda bisa terkena penyakit yang satu ini. Beberapa penyebabnya adalah Anda sering berganti pasangan. Oleh sebab itu, berhubungan intimlah dengan satu pasangan saja. Terserah mau menggunakan posisi bercinta seperti apa karena itu tak akan memberikan risiko besar untuk terkena penyakit ini.

Jika Anda sering berbagi pemakaian barang pribadi seperti handuk, saputangan dan lainnya juga bisa terkena ini. Sistem kekebalan tubuh yang lemah atau sedang menjalani kemoterapi juga berisiko kena HPV. Luka terbuka, usia dan kebersihan yang tak terjaga juga salah satu indikasi yang menyebabkan Anda bisa terkena HPV.

Kapan Anda Harus ke Dokter?
Kalau Anda mencurigai diri Anda atau pasangan menderita HPV, baiknya segeralah mengunjungi dokter sebelum penyakitnya semakin parah. Sekalipun gejalanya belum berkembang, ada baiknya Anda memeriksakan diri terlebih dulu untuk tahu apa Anda sudah terinfeksi atau tidak. 

Untuk pengobatannya, biasanya dokter akan memberikan Anda obat dengan bentuk sabun berbusa atau krim saja. Kadangkala, dokter juga akan memberikan salep yang harus digunakan beberapa bulan untuk membunuh HPV ini. Namun, Anda juga bisa melakukan pencegahan sendiri, kok!

Caranya adalah dengan menggunakan kondom sewaktu berhubungan intim. Meski tidak sepenuhnya bisa menghindarkan Anda dari infeksi ini, setidaknya ini cukup bermanfaat. Satu lagi, baiknya Anda mendapatkan vaksin HPV juga untuk memastikan bahwa Anda dan pasangan bisa sehat dan tak perlu terkena penyakit aneh seperti HPV ini.

Nah, sudah kenal lebih dekat dengan HPV? Meski terlihat ringan, sebenarnya kutil kelamin ini bisa menyebabkan penyakit berbahaya seperti kanker mulut rahim, lo! Tak mau terkena? Oleh sebab itu, lakukan pencegahan sejak dini. Bila Anda butuh info lain mengenai seks, reproduksi dan parenting, kunjungi saja Orami Magazine di orami.co.id!