Cari Tahu Apa Itu Pms Ketika Menstruasi

Advertisement

Cari Tahu Apa Itu Pms Ketika Menstruasi

Admin
Sabtu, 07 Agustus 2021

 

Menstruasi merupakan salah satu ciri yang dialami ketika masuk ke masa pubertas bagi seorang perempuan. Hal tersebut bisa ditandai dengan keluarnya darah akibat meluruhnya dinding Rahim. Maka dari itu penting sekali untuk mengetahui apasaja hal yang terjadi ketika menstruasi. Banyak sebagian perempuan yang mengalami masa PMS atau premenstrual syndrome atau sindrom pramenstruasi. Banyak sekali hal dialami selama pms berlangsung sehingga harus diketahui apa itu pms, gejala, penyebab bahkan cara mengatasinya sebab ada perempuan yang ketika mengalami pms bisa sampai pingsan. Maka dari itu harus mengetahui apa saja yang harus dilakukan ketika mengalami pms ketika menstruasi. 

Cari Tahu Apa Itu Pms Ketika Menstruasi
Ilustrasi

Sangat wajar sekali perempuan yang mengalami pms namun alangkah baiknya jika pms yang terjadi tidak menggangu aktifitas setiap hari bahkan bisa mengganggu kesehatan tubuh. Hal itu harus segera diatasi untuk segera memulihkan kesehatan dalam tubuh dan mampu membuat anda merasa lebih sehat dengan cara yang tepat dalam mengatasi masalah kesehatan. 

Pengertian Dari Pms Dan Penyebabnya

Apa itu pms? Pms merupakan syndrome yang dialami dengan menimbulkan gejala-gejala sebelum memasuki masa bulanan atau menstruasi. Gejala yang dialami tersebut bisa berupa perubahan fisik, emosi maupun perilaku sehingga perlu segera diatasi untuk mengembalikan perubahan tersebut dan tidak mengganggu aktifitas setiap harinya. Pms biasanya terjadi sekitar 1-2 minggu sebelum hari pertama menstruasi dan setiap gejala yang ditimbulkan berbeda-beda setiap perempuan mulai dari kelelahan fisik hingga depresi. 

Ketika sudah mengetahui mengenai pms maka penting juga mengetahui apa saja penyebab yang dapat mengakibatkan pms terjadi. Banyak factor yang bisa mengakibatkan pms tejadi salah satunya adalah perubahan hormone yang mana naik turunnya hormone estrogen dan progesterone dapat memicu terjadinya pms. Serta perubahan zat kimia di dalam otak, kurangnya jumlah serotonin yang ada dalam otak dapat memicu pms karena mengatur suasana hati. Selain itu juga masih ada beberapa factor pms terjadi seperti memiliki riwayat pms dalam keluarga, riwayat depresi, memiliki banyak trauma fisik atau emosi, jarang olahraga, sering mengonsumsi rokok atau minuman beralkohol, mengonsumsi terlalu banyak makanan garam atau gula yang tinggi. 

Gejala Dan Cara Mengatasinya Dengan Tepat

Setelah mengetahui apa itu pms dan factor yang dapat menyebabkan pms terjadi, maka anda bisa mengetahui gejalanya dan cara mengatasi bahkan mencegahnya. Sebab hal tersebut sangat mengganggu sekali ketika dibiarkan larut terjadi terus menerus. Maka dari itu gejala yang dialami ketika sedang pms adalah sebagai berikut.

  1. Merasakan nyeri pada bagian payudara sehingga terasa kaku atau bengkak

  2. Berat badan bisa bertambah

  3. Rasa sakit dibagian kepala

  4. Pembengkakan pada bagian tangan atau kaki

  5. Nyeri pada otot, kram pada perut

  6. Serta bisa membuat kembung pada perut

  7. Tumbuhnya jerawat ketika menstruasi

  8. Mengakibatkan konsentrasi menurun, serta mudah lupa dan mudah lelah

  9. Nafsu makan sedikit meningkat

  10. Perubahan emosi pada tubuh seperti mudah marah, mudah menangis, merasakan gelisah yang berlebihan, gairah seks yang meningkat serta depresi dan insomnia. 

Sedangkan untuk cara mengatasinya adalah dengan mengonsumsi obat yang mampu meredakan rasa sakit pada bagian tubuh seperti obat nonsteroid anti inflammatory drugs, obat antidepresan, obat diuretic serta pil kb. Selain mengonsumsi obat juga bisa diimbangi dengan melakukan aktifitas fisik dengan olahraga, mengonsumsi makanan yang bergizi dan istirahat yang cukup.