Keuntungan Payment Gateway bagi Penjual dan Pembeli

Advertisement

Keuntungan Payment Gateway bagi Penjual dan Pembeli

Admin
Senin, 24 Mei 2021


Seperti yang telah dikatakan, bahwa payment gateway merupakan sistem pembayaran untuk transaksi online yang mampu memberikan otorisasi terhadap kartu kredit, kartu debit, maupun dompet digital. Penggunaannya tentu sangat praktis sekali. Bagi pelaku bisnis online, menggunakan payment gateway merupakan pilihan yang harus dilakukan. Karena semua itu akan terasa kemudahannya saat menggunakan untuk bertransaksi. Bukan hanya untuk penjual saja tentunya. Para pembeli pun juga akan merasakan kepraktisan saat menggunakannya dalam bertransaksi. 

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Bisnis Anda Membutuhkan Payment Gateway

Memang tidak diragukan lagi tentunya dengan adanya payment gateway sebagai sistem atau metode pembayaran untuk bisnis online. Ada banyak layanan metode pembayaran yang bervariasi saat bertransaksi. Jadi, para konsumen tak perlu ragu ketika menggunakan rekening bank yang tak sama dengan penjualnya. Anda bisa menggunakan payment gateway ini untuk proses transaksinya. Berikut ini ada beberapa keuntungan yang bisa dirasakan dengan menggunakan payment gateway baik bagi pembeli dan penjual. 

Keuntungan bagi Pembeli Menggunakan Payment Gateway

  1. Pembeli yang menggunakan payment gateway saat bertransaksi tentu tidak perlu lagi untuk mengakses website toko online dan juga website pihak ketiga. 

  2. Aman dan mudah saat berbelanja online. 


Keuntungan yang Didapat Bagi Penjual Menggunakan Payment Gateway

Bagi penjual tentu akan lebih cepat dan mudah untuk memeriksa kartu kredit maupun debit. Adanya payment gateway ini sangat melindungi data kartu kredit dengan adanya teknologi enskripsi data dan informasi ketika pelanggan yang sedang bertransaksi.  Di toko online, kini juga tidak perlu lagi menyediakan rekening bank yang banyak. Karena dengan sistem pembayaran ini, mampu untuk menerima data transfer dari banyak  rekening bank kemudian menyalurkannya ke satu rekening milik toko online. Tentu saja, sangat aman dan juga cepat saat melakukan transaksi massal. Karena payment gateway ini mampu memproses ratusan hingga ribuan transaksi dalam waktu yang begitu cepat.  

Penggunaan payment gateway sebagai pembayaran online ini sangat user friendly. Karena sudah dilengkapi dengan dashboard  yang sangat membantu penjual maupun pembeli saat proses rekonsiliasi penjualan, misalnya laporan penjualan, detail pelanggan, void, dan juga refund. Dengan begitu sangat aman untuk pengguna kartu kredit, karena teknologinya dilengkapi dengan fraud detection yang fungsinya untuk mencegah adanya kecurangan pembayaran di toko online.