Lakukan Pencegahan Fraud Demi Terciptanya Efektivitas Aplikasi Keuangan

Advertisement

Lakukan Pencegahan Fraud Demi Terciptanya Efektivitas Aplikasi Keuangan

Admin
Selasa, 19 Mei 2020


Aplikasi laporan keuangan gratis pastinya sangat membantu pelaku bisnis dalam menyusun transaksi akuntansi. Namun, secanggih apapun aplikasi keuangan yang digunakan, tak berarti apa-apa ketika adanya celah fraud atau kecurangan yang mungkin terjadi di perusahaan. Manajemen keuangan yang kurang baik bisa menjadi penyebab kegagalan dalam bisnis.

Penggunaan Aplikasi Laporan Keuangan Gratis Harus Dibarengi dengan Manjemen yang Baik 
Aplikasi laporan keuangan gratis akan berjalan dengan efektif manakala pihak perusahaan menerapkan manajemen yang baik demi tercegahnya kecurangan. Fraud bisa terjadi di lini departemen manapun sehingga dibutuhkan selalu kewaspadaan. Beberapa usaha yang dapat dilakukan antara lain:

1. Gunakan aplikasi yang accountable
Cara utama dalam mencegah fraud adalah memilih aplikasi pembukuan yang bersifat accountable. Maksudnya, sistem bekerja secara otomatis dan saling berkesinambungan antara akun yang satu dengan lainnya sehingga tidak ada celah untuk memanipulasi data-data keuangan.

2. Memperketat praktek SOP
SOP merupakan bentuk aturan yang mengikat karyawan saat bekerja di sebuah instansi. Peraturan yang tertuang di dalamnya bertujuan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang dapat merugikan perusahaan. Dalam prakteknya, SOP berjalan beriringan dengan adanya reward dan sanksi agar bisa berjalan secara efektif.  

3. Cermat dalam memilih karyawan
Karyawan yang loyal merupakan salah satu bentuk investasi yang paling berharga dalam suatu perusahaan. Menjadi tugas utama dari manajer SDM untuk merekrut karyawan yang memiliki rasa tanggung jawab serta profesionalisme yang tinggi. Kejujuran juga menjadi bagian penting dari kualifikasi karyawan yang berkualitas. Hindari perekrutan karyawan secara kolusi seperti mengambil karyawan dari kerabat atau teman dari pegawai yang telah lama bekerja di perusahaan tersebut. 

4. Menerapkan sistem pengendalian internal
Sistem pengendalian internal merupakan faktor penting untuk meminimalisir munculnya fraud yang dilakukan oleh manajemen maupun karyawan. Penerapan sistem pengendalian tersebut juga harus jelas demi tercapainya tujuan perusahaan.  

5. Lakukan pengawasan rutin
Sistem pengendalian internal yang baik juga harus dibarengi pengawasan rutin terhadap karyawan-karyawan yang berhubungan langsung dengan siklus akuntansi. Langkah tersebut bertujuan untuk menciptakan integritas dalam pembuatan laporan keuangan.  

6. Laksanakan audit keuangan
Audit bisa menjadi cara yang cukup efektif untuk menghindari terjadinya fraud. Karyawan serta seluruh staf keuangan akan lebih berhati-hati dalam melakukan pengelolaan keuangan perusahaan. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda menjadwalkan proses audit dalam kurun waktu minimal sebulan sekali pada aplikasi pembukuan yang dihasilkan.

Aplikasi laporan keuangan gratis yang dapat membantu pengelolaan keuangan dengan baik dan mencegah terjadinya fraud bisa Anda dapatkan dari BukuKas. Aplikasi ini memiliki segudang fitur unggulan yang support dengan berbagai lini bisnis. Silakan unduh secara gratis pada aplikasi Google Play Store di ponsel pintar Anda.