6 Tips Sederhana Merawat Motor 4 tak Agar Tetap Awet

Advertisement

6 Tips Sederhana Merawat Motor 4 tak Agar Tetap Awet

Admin
Senin, 08 Juli 2019


Motor merupakan jiwanya lelaki, sejumlah besar pria yakni penggemar motor, dari mulai yang biasa saja sampai yang menyukai modifikasi motor sampai berupa model-model yang bagus. Beberapa orang yang benar-benar tergantung dengan kendaraan motornya karena umumnya dipakai untuk kerja atau berpergian dalam sekejap. Karena itu butuh perawatan yang intens supaya motor kita masih awet serta bisa bertahan lama.

Meskipun saat ini jamannya motor matic, tapi motor 4 tak masih disukai oleh beberapa biker. Nah apa langkah merawat motor model 4 tak supaya terus awet? 

Langkah merawat motor 

1. Ganti busi dengan periodik 
Busi benar-benar bertindak penting dalam jalankan motor, semestinya busi rajin dicheck keadaannya serta menggantinya tiap 12.000 km supaya tidak mendapatkan permasalahan mogok di jalan. 

2. Mengecek ketegangan rantai motor. 
Rantai penting dalam jaga kelancaran berkendara. Jika rantai motor kendur cukup dikencang kan, apabila rantai kering cukup diolesi dengan oli spesial supaya perputarannya jadi lancar. Tetapi jika telah terlalu lama semestinya rantai ditukar 1 sel. 

3. Bersihkan karburator. 
Karburator yang kotor berefek pada jeleknya mesin kendaraan anda. Olehnya itu anda sebaiknya teratur bersihkan karburator motor. 

4. Memeriksa keadaan aki. 
Ada 2 type aki, yakni aki kering serta aki basah. Aki kering tidak butuh perawatan spesial cukup menggantinya tiap 3 tahun. Sedang aki basah butuh memeriksa keadaan air aki, jika kurang semestinya diisi. Aki basah yang kurang air umumnya diikuti dengan lemahnya suara klakson motor. 

5. Memanaskan mesin motor 
Memanaskan mesin motor sebelum dipakai perlu supaya oli bisa melumasi semua sisi mesin motor yang bergerak. Memanasi mesin motor cukup 1-2 menit saja cukup sudah tidak butuh terlalu lama. 

6. Tetap Memakai sparepart asli 
Sparepart asli memang mempunyai harga yang mahal. Tetapi ketahanan suku cadang tersebuh dapat bertahan begitu lama dibanding sparepart palsu. 

Itulah beberapa tips sederhana tapi jika kita teratur merawat motor karena itu motor itu akan awet serta dapat mempunyai nilai jual kembali yang tinggi. Selamat coba.