Tinggal Ramai Di Apartemen? Perhatikan Trik Ini Agar Selalu Damai

Advertisement

Tinggal Ramai Di Apartemen? Perhatikan Trik Ini Agar Selalu Damai

Admin
Senin, 13 November 2017

Apartemen merupakan tempat tinggal yang sangat nyaman untuk ditinggali pada era milenial ini. Beragam fasilitas yang ditawarkan oleh pengelola sudah melengkapi kebutuhan kita sehari – hari. Tidak lagi perlu perji jauh – jauh dan berdesakan dengan kemacetan saat berpergian. Hanya dengan berjlan keluar dari gedung beragam fasilitas data dengan mudah kita nikmati. Fasilitas seperti swimming pool, pusat kebugaran, supermarket atau minimarket, hingga restoran dan kafe – kafe bisa kamu nikmati dengan aman dan nyaman.

Apartemen
Sayangnya nilai jual dan sewa apartemen cukup sulit untuk ditaklukan. Meski begitu, masyarakat kota besar bisa mensiasati hal ini dengan tinggal ramai – tramai dalam sebuah apartemen. Seperti misalnya tinggal dengan teman atau rekan kerja. Kita bisa bekerja sama untuk melakukan pembayaran bersama. Tinggal dengan rekan kerja atau teman memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Meskipun pembayaran akan lebih mudah dan lebih ringan untuk ditaklukan namun aoakah kamu mampu tinggal dengan damai tanpa cekcok berarti dalam jangka waktu panjang ? yuk simak beberapa solusi dan tips untuk menciptakan suasana damai dan tentram saat tinggal bersama rekan atau teman

Tentukan sistem pembayaran apartemen
Membayar uang sewa dengan teman atau rekan tentu memiliki sistem dan tata pembayaran yang khusus yang jelas agar tetap disiplin dan tertib. Misalnya ketika yang akan tinggal berjumlah 4 ornag sedangkan kamar yang ada hanya 3 ruangan. Maka harus ada 2 orang yang mengalah untuk bisa berbagi kamar. Tentunya antara orang yang memiliki kamar sendiri dengan orang yang berbagi kamar memiliki nilaisewa yang berbeda. Tentukan dan perkirakan hal ini dengan berdiskusi. Pastikan untuk menentukan atau membuat jadwal khusus untuk mengumpulkan uang atau tenggat waktu pembayaran uang sewa apartemen. Jangan sampai terjadi miss komunikasi yang salah pada saat pembayaran sewa apartemen, pastikan pula pemilik unit mengetahui tenggat waktu pembayaran yang kamu tentukan tersebut.

Selain uang sewa ada beberapa biaya lainnya seperti biaya rutinan, listrik, air hingga biaya kebersihan dan keamanan lingkungan yang perlu untuk di diskusikan. Jangan lewatkan untuk mencatat semua pengeluaran bulanan yang mungkin terjadi dan membanginya secara rata kepada seluruh anggota rumah

Buat tata tertib apartemen
Meskipun kita sudah sangat mengenal rekan satu rumah. Namun tidak ada salahnya untuk membuat tata tertb dan peraturan untuk mendisiplinkan seluruh anggota. Semisalnya peraturan untuk tidak membawa hewan peliharaan, membawa lawan jenis ke apartemen, jadwal bersih – bersih dan memasak, hingga pembagian kunci apartemen. Setiap penghuni memiliki keinginan dan kebutuhan yang berdeda-beda tentunya hal ini harus didiskusikan dengan biak. Lakukan diskusi untuk mendapatkan jalan tengah atausolusi agar semua bisa saling menghormati, dengan nbegitu kita akan tinggal dengan tentram dan nyaman.

Wajib izin saat pakai barang orang lain
Beberapa orang memiliki kebiasaan untuk meminjam barang otrang tanpa izin baik itu disengaja ataupun tanpa sengaja. Hindari untuk melakukan hal yang satu ini. Meskipun kamu sudah sangat mengenal tmanmu sekalipun, ketika ia tersinggung karena tidak dihormati tentu akan tidak nyaman. Minta izin langsung kepada yang bersangkutan baik itu saat meminta makanan atau meminjam barang. Khususnya bagi wanita yang cukup sensitive akan hal seperti ini.

Buat jadwal
Jadwal menjadi sebuah keharusan saat kamu memutuskan tinggal bersama temanmu. Buat jadwal untuk hal – hal tertentu misalnya untuk bersih – bersih, membuang sampah, belanja hingga membuat sarapan dan makan malam. Jadwalkan satu atau dua orang pada setiap harinya. Bila kamu dan rekanmu tidak bisa melakukannya kamu bisa menggunakan jasa asistem apartemen tangga atau menyewa jasa petugas kebersihan untuk menanganinya.

Jalin komunikasi yang baik
Komunikasi merupakan hal yang cukup penting dalam sebuah hubungan agar tetap baik dan rukun. Buat ruang chat grup khusus untuk para penghuni apartemen. Pastikan untuk memberikan dan bertanya kabar atau keberadaan ketika pulang terlambat. Hal – hal sepele seperti bertanya sudah makan atau belum ketika sedang memasak akan bisa membantu mengatasi hal – hal yag tak terduga.

Saling membatu
Bekerja sama dan saling membantu merupakan hal yang wajar dan harus kita lakukan sebahgai makhluk hidup. Tidak hanya kamu yang ingin dimengerti dan dipakhami oleh orang lain. Orang lain pun sama seperti kamu yang ingin dimaklum dan di mengerti. Berikan bantuan kepada temanmu yang sedang bertugas memasak bisa mengeratkan jalinan antaran anggota penghuni apartemen.

Tinggal bersama tidaklengkap tanpa menghabiskan waktu bersama. Apa gunanya tinggal bersama bila tidak ada waktu khusus untuk bersama – sama. Luangkan waktu satu hari untuk menonton tv bersama atau memasak dan membereskan rumah bersama –sama. Hal ini akan membuat hubungan menjadi semakin hangat dan nyaman. Itulah bebetapa hal yang bisa kamu terapkan ketika menyewa apartemen bersama dengan rekan atau teman kerjamu. Jangan lupa untuk menabung agar bisa segera membeli unit apartemen sendiri.