Perhatikan Hal Ini Sebelum Memilih Dan Memutuskan Membeli Apartemen

Advertisement

Perhatikan Hal Ini Sebelum Memilih Dan Memutuskan Membeli Apartemen

Admin
Sabtu, 22 Juli 2017


Apartemen merupakan salah satu tempat tinggal yang sangat tepat dimiliki oleh kaum milenial yang ingin tinggal di pusat kota. Membeli unit apartemen dengan harga murah dan terjangkau saat ini sudah bukan lagi hal yang mustahil untuk dilakukan. Bahkan kini apartemen sudah bukan lagi digunakan sebagai tempat tinggal atau hunian melainkan dapat dimanfaatkan juga sebagai alat untuk investasi yang sangat menguntungkan. Maka tak heran bila banyak para pengusaha apartemen Jakarta Barat baru yang menawarkan harga jual yang sangat terjangkau. Sangat menggiurkan memang, namun sebelum kita memutuskan untuk membeli apartemen tersebut ada beberapa hal yang harus kita perhatikan agar tidak menyesal dengan keputusan tersebut. Apa saja ? simak infomasinya berikut ini.
Perhatikan Hal Ini Sebelum Memilih Dan Memutuskan Membeli Apartemen
Ilustrasi
Pilih Lokasi Strategis
Lokasi merupakan hal yang penting untuk diperhatikan saat membeli sebuah tempat tinggal. Alangkah baiknya kamu melakukan survey terlebih dahulu ke beberapa pengelola apartemen dan mengunjungi apartemen tersebut guna menentukan wilayah dan kawasan yang sesuai dengan kebutuhanmu. Biasanya yang menjadi prioritas saat memilih lokasi tempat tinggal ialah akses jalan yang mudah, jaraknya yang dekat dengan jalan tol, dekat dengan universitas atau perkantoran, hingga fasilitas umum seperti rumah sakit, minimarket, bank dan alat transportasi umum. Tentunya lokasi yang strategis ini akan berpengaruh pada nilai jual apartemen Jakarta Selatan tersebut. Hal inilah alasan mengapa kamu harus survey selain dapat menentukan lokasi yang tepat kamu juga bisa membandingkan harga dan biaya yang ditawarkan oleh setiap perusahaan.

Pilih Sistem Pembayaran
Masalah finansial memang cukup sensitif, sehingga sangat perlu untuk mendapatkan perhatian ekstra. Mempertimbangkan tata cara pembayaran dan nilai jual menjadi hal yang cukup penting saat beli apartemen murah. Bagi kamu yang mampu, tidak akan menjadi masalah besar untuk melakukan pembayaran secara tunai. Dengan begitu kamu tidak perlu dibebankan dengan cicilan dan bunga setiap bulannya sehingga akan lebih murah jika melakukannya secara tunai. Namun bila kamu tidak memiliki uang tunai sebanyak itu dan tetap ingin melakukan pembayaran secara tunai, tentu akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengumpulkan uang.

Bagi kamu yang memiliki penghasilan menengah kebawah. Opsi sistempem bayaran dengan cara kredit atau menyicil adalah cara yang paling tepat. Kamu bisa menggunakan layanan KPA atau ( Kredit Pemilikan Apartemen), beberapa bank di Indonesia sudah ada yang memiliki program KPA ini. Selain dapat memudahkan kamu untuk mengelola keuangan, kamu tidak diharuskan mengeluarkan uang yang cukup besar dalam satu kali transaksi. Jika kamu membayar uang muka atau DP diawal, pembayaran cicilanmu kedepannya akan lebih ringan. Namun sayangnya jika kamu melakukan pembayaran dengan cara ini, total uang yang akan kamu keluarkan akan lebih besar dari pada aslinya. Suku bunga yang fluktuatif pun turut menambah resiko cicilan bertambah tinggi setiap tahunnya.

Fasilitas
Setiap perusahaan menyediakan fasilitas dengan kelebihannya tersendiri. Meskipun kita beli apartemen murah, bukan berarti kita pasrah begitu saja dengan fasilitas apa saja yang ditawarkan oleh perusahaan apartemen. Pilih apartemen Jakarta Selatan yang memiliki lingkungan dan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhanmu. Tidak perlu fasilitas yang sangat lengkap, cukup untuk memenuhi kebutuhanmu saja. Fasilitas sepeerti food court, ATM center, fasilitas olahraga, minimarket, area terbuka hijau hingga taman bermain biasanya ditawarkan oleh apartemen Jakarta Selatan. Namun yang paling penting kamu perhatikan ialah fasilitas keamanan apartemen tersebut. Kamu akan merasa sangat nyaman ketika lingkungan apartemen memiliki sistem keamanan yang sangat baik.

Status Tanah Apartemen
Sebelum kamu membeli apartemen yang kamu pilih, kamu perlu melakukan pengecekan terhadap status tanah yang dgunakan untuk membangun apartemen. Pastikan tanah yang digunakan bukan merupakan tanah sewa atau tanah sengketa. Dokumen yang akan kamu terima pun harus legal dan tidak memiliki masalah atau misalnya menjadi jaminan bank.

Pastikan pula apartemen Jakarta Barat yang kamu pilih sudah sah menjadi milik pengembang. Buka yang memiliki status BOT atau Build, Operate, transfer. BOT merupakan pemanfaatan asset milik daerah atau Negara berupa tanah yang manfaatnya dilimpahkan kepada pihak lain dalam jangka waktu tertentu. Hal ini tentu akan menjadi masalah ketika waktu yang ditentukan sudah habis. Bangunan dan tanah harus dikembalikan kepada pemerintah daerah atau pemerintah pusat.

Rencana Jangka Panjang
Beli apartemen murah tidak bisa dilakukan ketika kamu hanya ingin memilikinya saja. Namun kamu harus membelinya sesuai dengan kebutuhanmu. Jika kamu masih single atau belum memiliki pasangan hidup kamu mungkin akan memilih untuk beli apartemen dengan tipe Studio yang memiliki luas tidak terlalu besar. Tapi tentu kedepannya kamu akan memutuskan untuk memiliki keluarga sendiri sehingga beli apartemen murah dengan tipe studio saja tidaklah cukup. Ada baiknya untuk kamu melakukan antisipasi dengan memilih apartemen yang setidaknya memiliki 2 kamar, sehingga kamu tidak perlu investasi dua kali.

Setelah kamu mengetahui hal – hal diatas kamu tentu akan lebih matang lagi untuk memantapkan keputusanmu membeli apartemen Jakarta Barat. Kamu tidak perlu lagi khawatir akan resiko yang akan kamu temui di masa mendatang. Jika pun ada kamu bisa mengtasinya dengan mudah.